Konfigurasi NTP Server di Debian Lengkap


NTP Server


NTP merupakan kepanjangan dari Network Time Protocol adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk menyamakan waktu dari setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dengan komputer server dalam jaringan tersebut, bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan Internet, NTP itu sendiri menggunakan jalur data TCP/IP. Juga NTP Menggunakan port  komunikasi UDP nomor 123.

Cara Kerja NTP
       NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC. Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya seperti misalnya radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan sebuah time server. Kemudian jaringan NTP ini akan mendistribusikan perhitungan waktu akurat ini ke dalam jaringan lain. Sebuah NTP klien akan melakukan sinkronisasi dengan NTP server dalam sebuah interval pooling yang biasanya berkisar antara 64 sampai 1024 detik. Namun, waktu sinkronisasi ini biasa berubah secara dramatis bergantung kepada kondisi dan keadaan jaringan yang akan digunakannya.

tutorialnya:

1.  Pertama kita install NTP server terlebih dahulu dengan perintah seperti gambar berikut:


Gambar 3. 54 (install ntp)
2. Setelah terinstall untuk mengkonfigurasi NTP kita harus membuka file ntp.conf yang terletak pada directori “/etc” buka file tersebut dengan perintah seperti gambar berikut:


Gambar 3. 55( edit file ntp.conf)
3. Kemudian pada file tersebut cari script yang dimulai dari kata server dan tambahkan pagar pada awal setiap kalimat tersebut lalu dibawahnya tambahkan Server 127.127.1.0 dab fudge 127.127.1.0 stratum 1 seperti gambar berikut:


Gambar 3. 56 (edit file ntp)
4. Lalu cari script yang dimulai dari “#clients from” dan hapus tanda pagar pada baris script tersebut kemudian ganti Ip nya dengan IP Server yang kita gunakan serta ganti kata “notrust” menjadi “nomodity notrap seperti gambar berikut:


Gambar 3. 57 (edit file ntp)
5       Setelah mengkonfigurasi kita lakukan service ntp restart seperti gambar berikut:


Gambar 3. 58 restart ntp
6.  Kemudian untuk melakukan pegujian NTP server atau mengaktifkan NTP client dapat dilakukan dengan file “ntpdate” install terlebih dahulu ntpdate seperti gambar berikut:


Gambar 3. 59 (update ntp)



7.  Lalu setelah berhasil menginstall untuk menyinkronkan waktu computer client dengan server di computer server masukan perintah ntpdate -u 1.5.4.2 jika berhasil maka tampilannya seperti berikut ini:

Gambar 3. 60 (cek ntpdate)
8..   Terakhir pengujian NTP server dengan menggunakan sisitem operasi window. Buka Control Panel>> Pilih Clock Language and region >> Pilih Date and Time kemudian akan terbuka dan pilih Internet time dan pilih change settings . Akan terbuka baru yang bernama Internet Time Settings Beri tanda centang pada “Syinchronise with an internet time server” pada bagian server isi kolom dengan IP address computer server jika berhasil akan muncul gambar seperti berikut:


Gambar 3. 61 (cek ntp)

semoga bermanfaat :)

3 Responses to "Konfigurasi NTP Server di Debian Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1